Herbal Online Shop

Like Box

Sabtu, 25 Juni 2011

Penemuan Emas di Sungai Banyumas Kediri Ternyata Logam Pyrite (bukan emas?)

Posted by darma ccti wawan 6/25/2011 11:01:00 AM, under ,, | 2 comments




Penemuan Emas di Sungai Banyumas Kediri Ternyata Logam Pyrite, Ternyata logam kekuningan yang dihebohkan warga Banyumas itu bukan emas. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Banyumas memastikan tidak ada kandungan emas pada batuan di Sungai Logawa, Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas, Banyumas.
“Berdasarkan penelitian yang kami lakukan kemarin (Kamis, 23/6) di lokasi, batuan terse but tidak mengandung emas,” kata Kepala Bidang Pertambangan Dinas ESDM Banyumas Junaedi, di Purwokerto, Jumat (24/6).

Menurut dia, batu-batuan berukuran kecil di Sungai Logawa tersebut merupakan pyrite (FeS2) karena saat digoreskan bekas goresannya tidak berwarna emas melainkan hitam. Batu-batuan di Sungai Logawa termasuk batuan sedimen, sedangkan pyrite merupakan besi yang mengandung belerang.

“Untuk meyakinkan batuan tersebut emas atau bukan, dapat kita lihat menggunakan kaca pembesar. Ternyata setelah dilihat batu tersebut tidak menunjukkan adanya kilapan seperti emas,” katanya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan warga Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas, Kabu paten Banyumas, dihebohkan temuan batuan di Sungai Logawa yang diduga mengandung emas pada Selasa (20/6). Warga yang mendengar kabar tersebut segera mendatangi Sungai Logawa untuk mencari batuan yang diduga mengandung emas.

Ada ratusan warga tampak menggali pinggiran Sungai Logawa untuk mendapatkan batuan yang diduga mengandung emas. Bahkan warga dari luar pun berdatangan ikut mengadu nasib berburu emas, meski Dinas ESDM Banyumas telah melakukan penelitian dan menyatakan bahwa batuan tersebut bukan emas, melainkan pyrite.

Rupanya kepercayaan warga sangatlah rendah kepada aparat pemerintah. Bahkan mereka terkesan tak mengindahkan keterangan Dinas ESDM itu. Salah seorang warga Desa Kediri Slamet (50) mengaku ikut mencari emas sejak 4 hari lalu, mumpung belum dilarang.

“Kalau memang ini emas, nantinya kita bakal dilarang mengambilnya oleh pemerintah. Jadi mumpung belum dilarang, kami mengambilnya dan siapa tahu ini emas sungguhan,” katanya.

Warga sebenarnya setengah tak percaya kalau benda yang ditemukan tersebut emas atau bukan. “Kalau memang emas, tentu akan sangat membantu perekonomian keluarga yang rata-rata miskin. Tapi kalau bukan, ya tidak apa-apa,” katanya.

Slamet mengaku sudah mendengar kalau benda tersebut bukanlah emas. Hanya saja ia tak percaya dengan pengumuman pemerintah. “Justru karena dilarang pemerintah, jangan-jangan ini memang emas beneran. Pemerintah, kan, biasanya berbohong kalau memang ada tambang emas,” katanya.

demam emas di sungai banyumas ternyata pyrite














Sumber: DISINI

2 komentar:

Hahaha .... ini yang lucu... rakyat sudah tidak percaya sama pemerintahnya, salah sendiri korup n malez, pemerintah = tukang perintah? harusnya diganti saja jangan pemerintah tapi penanggung, lho iya toh, penanggung rakyatnya, penanggung negaranya, lebih enak dan sreg ditelinga.

@Anonim: haa haa haa, Mantab Mas Bro...
:-D

Poskan Komentar

Kalau ada Pertanyaan atau saran, Di isi ya komennya :-)

Blog Archive

Blog Archive