Herbal Online Shop

Like Box

Kamis, 29 September 2011

Debu Rumah Penyebab Asma

Posted by darma ccti wawan 9/29/2011 11:59:00 AM, under ,, | No comments


Apakan Anda mengalami bersin-bersin dan bahkan sesak nafas setiap kali membersihkan rumah?

Kemungkinan Anda mengalami alergi terhadap debu rumah. Alergi ini menyebabkan pilek dan sesak nafas yang disebut asma, kejadian ini dikenal dengan istilah atopi banyak menimpa masyarakat di daerah tropis.

Atopi adalah suatu keadaan hipersensitif, yaitu jumlah imunoglobulin E (IgE) di dalam tubuh penderita berlebihan hingga menyebabkan reaksi alergi.

Penyakit atopi dapat diturunkan dari orang tua ke anaknya dan tanda-tandanya muncul saat remaja atau kanak-kanak (bayi, anak usia 2 atau 4 tahun), gejala lain sering dibarengi dengan alergi kulit seperti eksim. Dalam pemeriksaan laboratorium, tampak kelainan pada pemeriksaan darah dan ingus penderita serta tes kulit yang positif.

Penyebab serangan asma atau pilek pada penderita atopik ini, 70 – 80% karena debu di dalam rumah. Namun, sebenarnya bukan debu yang menjadi gara-gara, tapi kutu tungau (Dermatophagoides pteronyssinus), yang hidup dan berkembang biak dalam debu rumah. berukuran sekitar 0,3 × 0,2 mm, karena kecilnya, kutu ini tidak terlihat oleh mata biasa.


Mahluk kecil ini sebenarnya tidak menimbulkan kerugian. Tapi bagi yang alergi akan menyebabkan gatal yang sangat pada hidung dan tenggorokan, mata bisa bengkak merah dan gatal, hidung mengeluarkan cairan dan pilek atau sering kali mengalami kesulitan bernafas.


Tips mencegah serangan asma karena debu rumah:

Cara menanggulanginya antara lain:

  • Kasur tidur diberi penutup plastik yang tetap berventilasi.
  • Isap debu pada kasur dengan alat pengisap debu sebelum mengganti seprai sekali seminggu.
  • Bersihkan tempat-tempat berdebu dengan lap basah setiap hari.
  • Bantal dan kasur sebaiknya diisi busa, jangan menggunakan kapuk.
  • Hindari pemakaian penutup nilon, karena akan menimbulkan muatan listrik dan mengisap debu.

Tempat tidur yang jarang dipakai biasanya lebih banyak mengandung tungau dibandingkan dengan yang dipakai secara teratur.








Sumber: Disini

/** Iklan2 **/

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau ada Pertanyaan atau saran, Di isi ya komennya :-)