Herbal Online Shop

Like Box

Jumat, 18 Maret 2011

Tentang Bakteri “Enterobacter Sakazakii”? Tak perlu khawatir

Posted by darma ccti wawan 3/18/2011 11:31:00 AM, under ,,, | No comments


Hasil penelitian tentang susu berbakteri sebenarnya telah dipublikasikan di jurnal internasional tahun 2006: Estuningsih S, Kress C, Hassan AA, Akineden O, Schneider E, and Usleber E. Journal of food protection 69(12):3013-7.

Pertanyaan 1 : Jadi hasilnya gimana bro ?

Hasilnya udah di survey ulang tahun 2009 dan gak masalah. Patogen sakazakii ini kelasnya ecek-ecek, dibanding bakteri penyebab tifoid misalnya. Santai lah.. Sudah semakin bagus kok kualitas susu formula kita. Yg masìh diubek2 DPR malah survey th. 2006..? Kadung malu! Mau jadi dagangan politik. Kan yang ditembak sebenarnya adalah Menkes, IPB cuman dijadikan kolateral.

Pertanyaan 2 : Nah itu dia masalahnya… bakterinya sedikit/sdh sesuai standar memang g jd masalah, tp kalau konsumsinya dari bayi hingga dewasa… gmn tu bro???

Patogen Sakazakii ini termasuk yang lemah, perlu sekitar 10 juta sel untuk menyebabkan sakit. Lain kalau salmonela, 100 sel sudah cukup untuk menyebabkan tipes. Tapi semua itu kembali ke faktor imunitas tubuh.

Pertanyaan 3 : Bro.. kalau ada yg nanyain gini, “meskipun sedikit tetapi itu kan kebanyakan diberi ke anak keci/bayi/balita dan secara trus-menerus/kontinyu, bukankah akan terjadi penumpukan di dlm tubuh….” gmn tu bro???

Hahaha… apa yang numpuk? bakteri? Mahasiswa THP harus bisa menjelaskan. Liat aja deh buku mikrobiologi, emang bisa bakteri numpuk? ada juga masa inkubasi dan masa latensi. Tapi bagus ini buat jadi salah satu soal studi kasus di kuliah ntar.

Kesimpulan :

Bakteri di susu dari jaman baheula juga ada, kan semua produk susu yang dijual dipateurisasi saja. kalau disterilkan nanti proteinnya rusak.
Makanya pemerintah dan akademisi perlu lebih banyak mensosialisasikan ASI (praktis, sedia setiap saat, selalu hangat, bisa dibawa sang ibu ke mana2, sehat untuk anak dan bapak)






sumber: disini

/** Iklan2 **/

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau ada Pertanyaan atau saran, Di isi ya komennya :-)

Blog Archive

Blog Archive