Herbal Online Shop

Like Box

Selasa, 05 Januari 2010

Mengenal dan Mengatasi Rasa TAKUT

Posted by darma ccti wawan 1/05/2010 04:27:00 PM, under | No comments


Mengenal rasa takut dan macam-macam takut

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh…

segala puji bagi Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, yang telah mengangkat kita dari setitik air yang hina menjadi mahluk yang sempurna, shalawat berserta salam tak lupa kami curahkan untuk nabi Muhammad shalallahualaihi wassalam yang atas perjuangannya membawa kita kepada agama yang hak

Kali ini, insya Allah kita akan mencari tahu apa sih takut dan ada berapa macam rasa takut yang sering dirasakan.

Takut adalah salah satu aktivitas jiwa yang berkaitan dengan emosi dalam kehidupan manusia yang berkaitan dengan kejadian atau peristiwa yang menimpa dirinya.
Sahabat, jangan dikira rasa takut selalu dianggap negative lho… karena kadang-kadang kehidupan manusia dengan hadirnya rasa takut justru dia dapat menjauhi segala bahaya yang mengancamnya, dan dapat membantu seseorang dalam melanjutkan kehidupannya dan kelestariannya lho…

Misalnya : dengan adanya rasa takut karena lapar, seseorang segera berusaha untuk mencari sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhannya sehingga dia tidak merasa kelaparan lagi, atau seorang pelajar yang merasakan takut tidak naik kelas, tidak lulus dan sebagainya. Sehingga memicu kita untuk berstrategi supaya tidak mengalami yang ditakutkan. Hal tersebut telah direkam dalam QS. Quraisy ayat 4, yaitu :

“Yang telah memberi makan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan”

Tahukah sahabat, ternyata dengan rasa takut yang ada pada manusia yang beriman justru dia akan terhindar dari azab Allah, buktinya dengan adanya rasa takut akan azab Allah dia akan berusaha untuk menghindar dari segala bentuk maksiat dan selalu berusaha untuk tidak melanggar batasan yang telah Allah tetapkan, maka seorang mukmin akan tetap berpegang teguh dalam ketakwaannya, konsisten dalam menjalankan ajaran agamanya dan melakukan segala sesuatu demi mengharapkan keridhoan Allah semata.

Sahabat, gambaran rasa takut yang hadir pada seseorang yaitu dengan adanya getaran yang terus berdetak yang membuat darah banyak mengalir serta bertambahlah ukuran dan bentuk hati seseorang hingga mendekati rongga-rongga pernafasan, sebagaimana perasaannya apabila hatinya sudah tercekat hingga tenggorokan. (lihat QS. Al-Ahzab : 10-11). Dan tahukah sahabat, jika rasa takut yang berlebihan dan mendadak, akan membuat manusia tidak mampu berbuat apapun dalam beberapa saat, dan pada posisi seperti itu manusia tersebut tidak akan mampu untuk bergerak dan berfikir (Posisi seperti inilah yang sering dimanfaatkan oleh syetan !)

Tetapi jika bahaya datang dan mendekat dan manusia sudah mampu mengendalikan rasa takutnya, pada saat itulah perhatiannya terfokus pada usahanya dalam menghadapi bahaya yang akan dihadapinya dan berusaha untuk melarikan diri. Perubahan yang terjadi pada diri seseorang jika dihinggapi rasa takut :

Melebarnya bola mata, perubahan pada mimik wajah, getaran suara dan posisi tubuh yang tidak berkutik, dan berusaha untuk lari sekencang-kencangnya. Berikut adalah
macam-macam rasa takut :

1. Takut kepada Allah dan juga takut akan Azab-Nya
Namun, takut disini diharapkan tidak berlebihan, takut pada batas normal sehingga tidak membuat dirinya putus ada pada Kasih Sayang Allah yang membuat terguncang kepribadiannya. (lihatlah QS. Az-Zumar : 53). Juga harapan pada rahmat Allah pun harus kuat, sehingga dapat tercipta keseimbangan yang indah antara harapan dan rasa takut

2. Takut akan kematian
Bahwa setiap yang berjiwa pasti akan mati, (Qs. Al-Imran : 185). Hanya orang yang tidak beriman saja yang takut akan kematian, biasanya mereka yang takut kematian adalah mereka yang sering melakukan kemaksiatan, sedang mereka yang beriman tidak akan pernah merasa takut mati, karena dia yakin justru dengan kematian dapat menghantarkannya ke kehidupan yang lebih baik, sesuai dengan janji Allah bahwa akhirat lebih kekal dan banyak kenikmatan dan Rahmat juga kasih sayang Allah.

3. Takut akan Kemiskinan
Sepanjang hidupnya, manusia selalu berjuang untuk mencari rezeki demi menghidupi diri dan keluarganya supaya merasa aman dan tentram jauh dari kemiskinan. Bagi sahabat yang beriman tidak akan merasa takut miskin, karena sebenarnya rezeki sudah ditanggung oleh Allah.

“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi Rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (Qs. Adz-Dzaariyat : 58), dan sekalipun binatang, Allah subhanahuwataala pula yang memberinya rezeki (Lihat juga Qs. Huud : 6). So… jangan pernah takut miskin yaa…

4. Takut akan Manusia
Nah kalau rasa takut ini, seseorang merasa takut ditindas oleh orang-orang yang lebih kuat dari dirinya, atau takut pada orang yang memiliki jabatan atau kekuasaan lebih darinya. Jika sahabat adalah benar-benar beriman tentu tidak akan pernah merasa takut pada manusia, karena dia yakin bahwa manusia tidak akan pernah dapat membahayakan sesama manusia kecuali dengan izin Allah. (Qs. At-Taubah : 51)

Mulai sekarang mari kita sikapi rasa takut dengan berfikir positif, berikut beberapa tips untuk mengendalikan rasa takut :

1. Dengan menumbuhkan ketakutan yang hakiki sudah semestinya kita arahkan hanya pada Allah semata, karena dengan takut kepada Allah-lah akan timbul banyak hal positif pada manusia, manusia akan berusaha menghindari dari semua bentuk kemaksiatan serta dari semua hal yang membangkitkan amaarah dan Azab-Nya, bahkan sebaliknya, manusia tersebut akan berusaha mengerjakan semua yang diperintahkan, mengerjakan semua amal baik demi mengharapkan keridhoan-Nya, yang semuanya ini berakhir dengan adanya rasa aman dalam jiwa dan tertanamnya harapan akan pengampunan Allah dan keridhoan-Nya, sebagaimana Firman Allah :

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, Tuhan kami ialah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dan mengatakan), janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat, didalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) apa yang kamu minta.”
(Qs. Fushshilat : 30-31)

2. Hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram, baik melakukan bertasbih pada-Nya maupun beribadah hanya untuk-Nya. (Qs. Az-Zumar : 23)

3. Tips yang ketiga, tarik nafas dalam-dalam dan banyak rileks

Semoga berhasil ya, mengatasi rasa takut yang menimpa diri anda. Selamat Berjuang.

Wallahualam…

yang benarnya datangnya hanya dari Allah yang Maha Mengetahui dan yang salah datangnya dari saya, gudangnya salah dan dosa…

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
/** Iklan2 **/

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau ada Pertanyaan atau saran, Di isi ya komennya :-)

Blog Archive

Blog Archive